Kamis, 17 Agustus 2023, Program Studi Magister Sistem Informasi Sekolah Pascasarjana Universitas Diponegoro menyelenggarakan kegiatan Visiting Lecturer dengan tema “Future Library in Metaverse“. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring dengan pemateri dari INTI International University and Colleges, Malaysia, yakni Prof. Dr. Goh Khang Wen, M.Sc., Ph.D. yang merupakan Guru Besar di INTI University and Colleges, serta dimoderatori oleh Dr. Wahyul Amien Syafei, S.T., M.T. yang merupakan Dosen Pengajar di Prodi Magister Sistem Infromasi Undip.

Kegiatan Visiting Lecturer ini selain dihadiri oleh mahasiswa aktif Prodi Magister Sistem Informasi dan Alumni Prodi Magister Sistem Infromasi, juga dihadiri oleh Pustakawan Sekolah Pascasarjana Undip serta kalangan Pustakawan lainnya. Pada kegiatan tersebut, Prof. Dr. Goh Khang Wen, M.Sc., Ph.D. memaparkan tentang potensi besar perpustakan masa depan di dunia Metaverse. Metaverse sendiri adalah penggabungan antara dunia nyata dengan dunia digital yang menghasilkan sebuah ruang virtual di mana user dapat berinteraksi dan melakukan kegiatan sehari-hari seperti di dunia nyata. Tentu saja hal ini menjadi topik yang menarik untuk dibahas dan dikulik lebih jauh lagi.

Menurut Prof. Goh, ide perpustakaan masa depan di dunia Metaverse ini akan memudahkan berbagai pihak pengguna untuk bisa mengakses bacaan berkualitas tanpa terbatas jarak dan waktu. Inovasi ini juga akan menarik lebih banyak pengguna dan pengunjung perpustakaan secara virtual karena aksesisbilitas yang tinggi dengan dukungan dari interaksi antara manusia dengan komputer atau disebut dengan human-computer interaction hardware.

Selain itu, perpustakaan Metaverse juga memiliki kelebihan lainnya, antara lain : 1) Memiliki potensi dalam menghadirkan layanan berbasis pengguna yang menyediakan tampilan 3D, layanan konsultasi secara virtual, dan panduan perpustakaan; 2) Menyediakan visualisasi pencarian literatur secara 3D; 3) Konsultasi virtual dengan bantuan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI) secara real-time; serta 4) Menyediakan kebutuhan dan menjembatani berbagai human-computer interaction, dengan memadukan teknologi sentuhan, visual, suara, dan .gerakan secara terintegrasi dengan memungkinkan adanya pertukaran informasi multi-sensory.