Didalam dunia bisnis, penjualan merupakan salah satu hal pokok yang lebih diutamakan, sehingga banyak cara yang ditempuh guna meng-update untuk memperbaiki sistem penjualan perusahaan yang ada yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi. Internet merupakan salah satu jenis pemanfaatan teknologi tersebut, internet juga bukan hal yang asing lagi bagi para pengusaha, hingga saat ini tidak sedikit pengusaha yang memanfaatkan teknologi internet untuk terus memperbaiki service dan informasi yang pada dasarnya guna meningkatkan profit bagi perusahaan. Salah satunya dengan membuat ecommerece, dengan e-commerce transaksi dapat dilakukan dimana saja selama ada akses internet dari masing-masing pembeli ataupun penjual, sehingga pembeli tidak perlu lagi pergi ke perusahaan atau toko guna membeli produk yang ditawarkan, karena cukup dengan melakukan transaksi atau order barang melalui media internet, perusahaanpun dapat mempromosikan jenis-jenis barang yang dijual melalui media tersebut. Dengan memanfaatkan e-commerce maka akan dapat meningkatkan profit dari setiap perusahaan tanpa mengeluarkan cost yang terlalu banyak, demikian pula pada UMKM(Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) BUMBUTABUR Semarang.
BUMBUTABUR merupakan salah satu usaha makanan dan bumbu-bumbu makanan yang siap saji. Sistem penjualan yang selama ini ada pada toko tersebut masih tergolong menggunakan sistem penjualan konvensional yaitu konsumen melakukan transaksi langsung dengan datang ke toko atau konsumen melakukan pemesanan barang lewat telepon, selain itu juga ada transaksi melalui sales yang datang ke warung-warung ataupun konsumen, ini dapat berdampak pada seringnya terjadi jumlah penjualan yang tidak memenuhi target. Melihat dari sistem yang ada dirasa masih kurang efektif dan efisien, ini dikarenakan masih membutuhkan banyak tenaga karyawan ataupun sales guna mempromosikan dan memasarkan barang produksinya. Oleh sebab itu bumbutabur menginginkan untuk mengembangkan sistem penjualan dengan membangun website guna mempromosikan dan memasarkan produk toko tersebut melalui internet, dengan harapan agar dapat memperluas jangkauan pasar serta mempermudah konsumen dan pelanggannya dalam melakukan transaksi pemesanan barang dan mendapatkan informasi tentang jenis produk waralaba makanan dan bumbu tabur siap saji tanpa terhalangi oleh kondisi geografis yang tidak menguntungkan, misalnya toko terletak jauh dari tempat pelanggan. Selengkapnya klik disini
